Belajar Hak atau Kewajiban Siswa ? Lihat Bedanya!

Generasi Prestasi – Hak atau Kewajiban Siswa dalam belajar , kamu sebagai siswa mempunyai hak dan kewajiban berbeda, tergantung dimana mereka tinggal. Tentu saja hak dan kewajiban untuk siswa belajar sekolah dan siswa belajar mandiri di rumah ada dalam berbagai bentuk. Kondisi ini umumnya terjadi karena orang memainkan peran yang berbeda dalam lingkungan. Misalnya, hak dan kewajiban anak di lingkungan rumah. Dalam kondisi ini, anak berhak untuk hidup dalam lingkungan yang bersih dan nyaman. Namun, untuk mencapainya, kita juga harus memenuhi kewajiban kita seperti berkontribusi terhadap kebersihan dan kenyamanan lingkungan.

Demikian pula ketika kita berbicara tentang hak dan kewajiban siswa sekolah. siswa belajar dengan rajin hak atau kewajiban kamu memiliki kewajiban untuk dipenuhi dan Anda memiliki hak untuk mendapatkannya. Sebelum melanjutkan ke hak dan kewajiban siswa sekolah, tolong beri tahu kami arti hak dan kewajiban berikut. Ke-siswa atau siswa tersebut merupakan siswa tingkat satuan pendidikan pada jalur pendidikan berbasis sekolah. Tentunya sebagai mahasiswa, kita memiliki kewajiban dan hak sebagai mahasiswa. Lalu apa kewajiban dan hak saya sebagai mahasiswa? Seperti yang dia pahami di KBBI, kewajiban harus dipenuhi dan hak milik kita atau mungkin milik kita. Pada prinsipnya kewajiban dan hak siswa diatur di dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 28 Tahun 1990 atas Pendidikan Dasar. Ini penjelasannya. Hak dan Kewajiban bagi siswa SD, SMP, SMA maupun perguruan tinggi memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam suatu lingkungan sekolah atau kampus. Karena mereka berada di lingkungan yang sama, tempat untuk memperoleh pengetahuan, dan mereka memainkan peran yang sama. Mahasiswa atau siswa. Lalu apa saja hak dan kewajiban siswa sekolah?

Hak dan Kewajiban Siswa Sekolah

Hak siswa di sekolah

siswa berhak untuk memperoleh dan menuntut haknya. Hak-hak siswa sekolah adalah sebagai berikut:

  1. Hak untuk mendapatkan pengetahuan Ini dalam perolehan dan penggunaan fasilitas dan layanan pendidikan. Siswa belajar di kelas adalah suatu hak untuk siswa
  2. Hak untuk pengembangan diri dan juga memiliki hak untuk pengembangan diri. Yang penting, siswa memiliki hak untuk mencari, menemukan, dan mengembangkan bakatnya.
  3. Hak berteman Dalam pendidikan, siswa berhak berteman tanpa membeda-bedakan.
  4. Hak atas Perlindungan Siswa mendapatkan perlindungan di lingkungan sekolah agar proses belajarnya terasa aman dan menyenangkan bagi mereka.
  5. Hak atas perlakuan yang sama antara guru Ini berarti bahwa siswa berhak atas perlakuan yang adil dan perhatian yang tidak dibedakan.

Kewajiban Siswa Sekolah

Kewajiban Siswa Sekolah berarti siswa harus memenuhi kewajibannya. Kewajiban siswa di sekolah adalah sebagai berikut:

  1. Kewajiban untuk menghormati guru dan sesama teman Artinya siswa perlu bertindak dan berbicara dengan baik kepada guru. Selain itu, siswa perlu menghormati teman, senior, dan anak kelasnya.
  2. Kewajiban menjaga kebersihan dan ketertiban sekolah Siswa wajib menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan membuang sampah dan benda lain pada tempatnya.
  3. Kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku di lingkungan sekolah Untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekolah, siswa wajib menaati peraturan yang berlaku.
  4. Kewajiban menyelesaikan dan menyerahkan tugas tepat waktu Kewajiban saya sebagai mahasiswa di bidang pendidikan adalah menyelesaikan dan menyerahkan tugas tepat waktu. Selain nilai bagus, ini juga melatih kedisiplinan.
  5. Kewajiban memberikan bantuan kepada teman, guru dan guru Tak perlu dikatakan lagi bahwa siswa sekolah juga membutuhkan bantuan. Selain itu, hal ini juga dapat menumbuhkan rasa saling menghormati dan berterima kasih.

Contoh Hak dan Kewajiban Siswa di Dalam Sekolah

Contoh Hak Siswa di Dalam Sekolah

  • Materi Pelajaran Harus di Terima Oleh Semua Siswa Tanpa Terkecuali

Pergi ke sekolah tentunya ingin mendapatkan pengetahuan dari berbagai macam materi mata pelajaran untuk semua siswa tanpa terkecuali. Materi pelajaran harus didapat sesama siswa

  • Siswa Berhak Bertanya Jika Ada Pelajaran yang Kurang Mengerti

Siswa wajib bertanya jika mendapat materi yang kurang dimengerti saat guru sedang menerangkan. Tidak perlu untuk takut atau malu saat bertanya karena tugas seorang guru adalah mendidik dan memberikan ilmu dengan sabar hingga siswanya mengerti dan paham apa yang diajarkan oleh guru. Nah, berikut merupakan hak dan kewajiban siswa dirumah maupun di sekolah

  • Siswa Berhak untuk Menggunakan Fasilitas yang Diberikan Sekolah

Sekolah memiliki beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh siswa seperti lapangan olahraga, laboratorium sekolah, perpustakaan, kantin, wifi gratis, toilet sehingga hak siswa bisa menggunakannya dengan bebas dengan syarat siswa tentunya punya kewajiban untuk menjaga fasilitas agar tidak mudah rusak.

Contoh Kewajiban Siswa di Dalam Sekolah

  • Siswa Wajib Mengikuti Peraturan yang Berlaku di Sekolah

Sekolah pasti mempunyai peraturan tersendiri untuk menertibkan siswanya, sebagai seorang siswa wajib mentaati peraturan yang dibuat oleh sekolah. Contohnya : Siswa harus berpakaian seragam rapi lengkap dengan atribut lainnya, datang kesekolah tepat waktu dan tidak terlambat, mengerjakan tugas dan belajar, tidak membuat keributan di sekolah karena akan mengganggu siswa lainnya.

  • Harus Saling Menghormati Di Lingkungan Sekolah

Sekolah memiliki staff, guru, kepala sekolah hingga teman teman atau kakak kelas yang berbeda kelas. Sebagai seorang siswa harus saling menghormati dengan yang lainnya.

  • Selalu Menjaga dan Merawat Fasilitas Sekolah

Sudah dibahas di atas bahwa siswa juga harus ikut menjaga dan merawat fasilitas yang diberikan oleh sekolah, tidak hanya tugas staff tetapi juga tugas siswa.

Nah, jadi bagaimana? Sudah tau kan perbedaan hak dan kewajiban siswa di sekolah. Jangan lupa diterapkan saat sudah mulai masuk pembelajaran tatap muka ya!

Baca Juga selengkapnya : Belajar Online : Tips agar belajar Jadi Menyenangkan.